Jumat, 24 Mei 2013

Mendapatkan API Key untuk Android Maps v2

Selamat siang teman-teman. Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum kita memulai mengembangkan aplikasi menggunakan Android Maps API v2, diantaranya adalah mendapatkan Android Maps API Key. Berbeda dengan Android Maps API V1, API Key pada Android Maps API v2 terintegrasi pada Google APIs Console. Sehingga kita harus menggunakan Google APIs Console untuk mendapatkan API Key tersebut. API Key ini nantinya digunakan supaya aplikasi kita mendapatkan ijin akses ke layanan Android Maps.
Langkah-langkah Mendapatkan Maps API Key v2 (Environment Windows, yang lain bisa menyesuaikan)
Cara mendapatkannya, kurang lebih sama dengan cara mendapatkan API Key untuk Android Maps API v1. Bedanya apabila versi pertama membutuhkan MD5 fingerprint, API Key v2 membutuhkan SHA1 fingerprint. Inilah langkah-langkah nya
  1. Pertama-tama, kamu harus mendapatkan Android certificate SH1 fingerprint dari debug keystore yang biasanya terdapat di C:\\Users\<your name>\.android\debug.keystore
  2. Buka command prompt
  3. Ketikkan
    keytool -list -keystore "C:\\Users\<your name>\.android\debug.keystore" Ketika diminta untuk memasukkan password, kamu bisa mengosongkan saja atau tuliskan “android” sebagai password.
    Note: Apabila kamu menggunakan JDK 1.7, command yang harus diketik adalah
    keytool -v -list -keystore "C:\\Users\<your name>\.android\debug.keystore" Kemudian pilih yang SHA1 Hash certificate.
  4. Copy paste SHA-1 fingerprint yang telah di-generate
  5. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah membuat API Project pada Google APIs Console.

Membuat API Project pada APIs Console

Apabila kalian sudah mempunyai value dari SHA1 fingerprint, selanjutnya kalian harus membuat sebuah API Project baru untuk aplikasimu di Google APIs Console dan mendaftar untuk Maps API.
Cara mendapatkan project baru dan mendaftarkan suatu API
  1. Buka Google APIs Console pada browser.
    • Buat proyek baru dengan cara klik Create Project; Console kemudian akan membuat sebuah proyek baru bernama API Project. Kalian bisa mengganti namanya dengan mengklik pada “nama proyek” di halaman selanjutnya.
  2. Setelah itu, kalian akan melihat daftar API dan layanan-layanan pada halaman utama. Jika tidak muncul, pilih menu Services pada kotak navigasi di sebelah kiri.
  3. Di daftar layanan-layanan, scroll ke bawah hingga kalian melihat tulisan Google Maps Android API v2. Kemudian klik switch di sebelah kirinya sehingga menjadi on.
  4. Terima persetujuan Google Maps Android API Terms of Service.
Sekarang kalian sudah siap mendapatkan Maps API Key.

Mendapatkan Android Maps API Key

Nah, jika langkah-langkah di atas sudah kalian lakukan semua, sekarang saatnya membuat Maps API Key. Untuk Android Maps API v2, adalah mungkin untuk memdapatkan lebih dari satu API Key untuk proyek yang sama.
Cara mendapatkan API Key:
  1. Pada kotak navigasi sebelah kiri, klik API Access.
  2. Di halaman selanjutnya, pilih Create New Android Key….
  3. Setelah itu akan ada dialog yang muncul, masukkan SHA-1 fingerprint yang tadi sudah kalian dapat, kemudian tuliskan sebuah titik koma, disambung dengan nama package dari aplikasimu. Contohnya:  BB:0D:AC:74:D3:21:E1:43:67:71:9B:62:91:AF:A1:66:6E:44:5D:75;com.example.android.mapexample
  4. Setelah itu, klik Create. Google APIs Console akan merespon dengan menampilkan Key untuk Android apps (disertai certificates) diikuti dengan API key sepanjang 42 karakter, contohnya seperti berikut:
    AIzaSyBdVl-cTICSwYKrZ95SuvNw7dbMuDt1KG0
    
  5. Copy API key tersebut. Nantinya key itu yang digunakan pada aplikasimu.
Oke, itulah langkah-langkah mendapatkan Android Maps API Key. :) Lumayan panjang ya, cara menggunakannya akan menyusul di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

news