Rabu, 13 Maret 2013

Postingan Baru Blog Susah di Index Google

Fenomena postingan baru blog susah di masuk index Google memang sudah menjadi hal lumrah bagi blog yang baru dibuat. Tetapi hal ini tentunya sangat janggal apabila terjadi pada sebuah blog yang sudah lama dibuat, bahkan selalu diurus dengan mempublikasikan postingan demi postingan secara berkala setiap hari.

Kejanggalan tentang postingan yang dipublikasikan susah masuk Google telah saya alami sendiri semenjak tanggal 3 Februari 2013 yang lalu, dimana sebelumnya postingan yang baru diposting langsung muncul di Google dalam waktu tidak lebih dari 5 menit, tetapi saat ini bisa memakan waktu antara 5 jam bahkan 1 hari atau lebih.

Sulitnya postingan baru masuk index Google tentu telah berpengaruh pada penurunan jumlah visitor pada blog ini, sebab ketika postingan baru susah masuk di index Google, maka SEO tulisan juga semakin tidak optimal. Ketidak optimalan SEO itu tampak ketika kemarin-kemarin tulisan baru yang dipublikasikan bisa langsung muncul di halaman 1 Google, maka pada saat ini bilapun tulisan sudah di index, tetapi posisinya selalu muncul di belakang, baik di halaman 2, 3, atau bahkan 4.

Mencoba mencari informasi seputar penyebab postingan baru blog susah di index Google melalui forum-forum dan juga blog lain di internet, maka ada beberapa hal yang disebutkan dan mungkin bisa menjadi faktor-faktor penunjang yang mengakibatkan sebuah blog dihukum oleh Google, dimana alasan-alasan tersebut disebutkan terdiri dari:

1. Karena Mengikuti Kontes SEO
2. Karena Template Blog Diganti
3. Blog Jarang di Update
4. Artikel Copy Paste
5. Google akan update pagerank

Jika menelaah dari masing-masing alasan tersebut, maka sepertinya tidak ada satupun yang tepat dengan blog ini, sebab bila menelisik alasan yang pertama dimana blog sedang mengikuti kontes SEO, maka blog ini sama sekali tidak pernah mengikuti kontes SEO. Begitu juga dengan alasan template blog yang diganti juga sepertinya tidak tepat, sebab semenjak bulan Agustus 2012 yang lalu blog ini belum pernah ganti template. Begitu juga dengan alasan blog jarang di update sepertinya tidak tepat juga lantaran blog ini paling tidak diupdate sebanyak 2 postingan baru setiap hari.

Alasan Copy Paste juga sepertinya tidak berlaku untuk blog ini, sebab semua tulisan yang dibuat adalah asli tulisan sendiri, meski sebagian diantaranya bersumber dari refrensi situs-situs lainnya, tapi tidak pernah langsung di Copy Paste. Selain itu alasan Google akan update Pagerank sebelumnya menjadi salah satu alasan yang paling dipertimbangkan. Tetapi setelah update pagerank yang sudah dilakukan Google pada 4 Februari 2013 yang lalu, tetapi postingan baru blog masih tetap susah masuk Google, membuat alasan ini juga sepertinya tidak terlalu relevan.Dengan kejadian sulitnya tulisan baru di index Google ini, tentu telah membuat semangat ngeblog jadi menurun dalam beberapa hari terakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

news