Kamis, 28 Maret 2013

Tiga Dosen Stikubank Temukan Alat Pengendali Banjir dan Rob


 

         Universitas Stikubank Semarang melaunching alat pengendali air rob dan banjir. Penemuan ini merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat tentang pengendalian banjir dan rob yang berbasis tekhnologi informasi (TI).Alat tersebut diciptakan oleh tiga dosen Unisbank yaitu Sunardi, Hersatoto Istiyono, dan Sri Mulyani dan alat ini dinamakan Sistem Penunjang Keputusan Pengendali Aliran Air Rob dan Hujan.

           Dilatar belakangi oleh lingkungan Sunardi di kawasan citarum yang sering terkena limpasan air pasang atau rob. Ketika warga lain yang berlomba-lomba untuk meninggikan rumah mereka, namun beliau berfikir bagaimana menciptakan alat yang mampu berguna dan efektif untuk mengatasi air rob dan banjir. Sistem kerja alat tersebut dengan menggunakan dua sensor yang ditempatkan sebelum dan sesudah pintu air, serta dua pompa air yang berfungsi mengantisipasi banyaknya air yang berasal dari hilir ke laut. Prinsip kerjanya, jika sensor bergerak naik dari ketinggian normal air, maka pintu menutup dan sensor ke dua yang terletak sebelum pintu akan mengendalikan volume air yang dibuat yang dibuang ke laut dari pompa satu.

                Dengan hasil penelitian ini, harapan peneliti yaitu dapat diimplementasikan dan mampu secara nyata mengatasi rob dan banjir di Kota Semarang. Meskipun masih berupa prototipe namun penemuan ini merupakan harapan besar untuk dikembangkan dan mampu membuat Kota Semarang terbebas dari Rob dan Banjir. Mungkin belum bisa diperkirakan dana yang harus dikeluarkan untuk membuat pangendali air rob dan banjir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

news